10 Kemampuan Berpikir Orang Sukses

Tentukan Kesuksesan Sahabat

Setiap orang ingin sukses, naif kalo ngga sih .. hehehe … punya banyak uang sehingga bisa membeli apa saja yang diinginkan dan pergi ke mana pun. Namun faktanya, banyak orang yang ingin sukses tapi tak melakukan berbagai cara yang biasa dilakukan orang berhasil.

Meskipun sudah bekerja keras, tapi konsistensi dan fokus juga menjadi kunci untuk sukses. Namun kebanyakan orang sukses mengaku bumbu yang  paling penting untuk mencapai suatu keberhasilan adalah Ilmu pengetahuan.

Faktanya,  orang sukses memiliki berbagai informasi yang tak dimiliki orang biasa. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa orang sukses berjuang lebih keras.

Berikut adalah 10 kemampuan berpikir orang-orang sukses yang membuat mereka berbeda dari orang-orang kebanyakan.

1. Berani Ambil Resiko
Seorang pemimpin besar mampu berpikir dan bermimpi besar daripada orang lain walaupun hal tersebut memiliki resiko yang besar pula. Mereka berani untuk berusaha hingga batas akhir kemampuan mereka, pergi ke tempat yang orang-orang lain hindari atau tidak meminatinya. Semakin besar tantangan, maka yang didapat pun akan semakin besar.

2. Analitis
Berpikir analitis merupakan pemikiran yang mendalam, yang dapat membuat kita mengatasi masalah secara efektif dan efisien. Banyak pemimpin besar menghabiskan waktu mereka untuk mempertanyakan kembali semua yang mereka tahu dan semua yang mereka tidak tahu. Dengan mencoba mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pengetahuan mereka pun menjadi semakin bertambah dan syukur-syukur mempengaruhi orang lain. Untuk dapat mempengaruhi orang lain, kita harus bertanya dulu apa yang diinginkan oleh orang lain dan apa yang bisa kita berikan pada orang lain. Dengan menjawab pertanyaan tersebut kita diharapkan dapat lebih inovatif dan kreatif lagi.

4. Fokus
Fokus dan menyingkirkan segala gangguan baik itu dari dalam diri maupun luar, membuat kita dapat berpikir jernih. Kejernihan berpikir membuat kita fokus dalam mengatasi tantangan, mencapai target dan hasil yang kita inginkan.

5. Positif
Orang yang sukses sadar bahwa mental mereka dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan mereka, termasuk keberhasilan. Para peneliti telah menemukan bahwa berpikir positif membuka peluang seseorang untuk membangun kemampuan baru, yang dapat membuat seseorang bahagia dalam melakukannya. Berpikir positif juga berpengaruh terhadap kesehatan kita. Orang-orang yang berpikir positif terbukti dapat memperpanjang masa hidup mereka, tingkat depresi yang rendah, tidak gampang terkena penyakit, dan mampu mengatasi masalah di saat-saat yang penuh tekanan.

6. Kreatif
Kreatif adalah kemampuan untuk menemukan dan mengembangkan ide-ide baru. Dengan berpikir kreatif seseorang dapat menghasilkan solusi inovatif untuk menyelesaikan masalah.

7. Reflektif
Reflektif yang dimaksud adalah berpikir kembali sebelum beraksi, mendengar sebelum berbicara, mengerti sebelum merespon, mendengar hati nurani sebelum bereaksi. Dengan mengambil langkah ini, kita menjadi mempunyai perspektif baru, kita dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi tanpa melibatkan emosi.

3. Akurat Dalam Mengambil Kesimpulan
Berpikir akurat dalam mengambil kesimpulan maksudnya adalah memiliki kemampuan untuk mengerti dan menyadari hal-hal apa yang akan dibutuhkan dan dibuang untuk menentukan sebuah kesimpulan yang tepat. Contohnya adalah ketika menjadi manajer bisnis. Ketika melihat penjualan menurun, kita harus mengerti informasi tambahan apa yang diperlukan untuk mengetahui mengapa hal itu terjadi, termasuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal seperti kompetisi atau bahkan kondisi perekonomian negara. Hal ini dapat menuntun kita untuk mengambil kesimpulan yang pada akhirnya berpengaruh pada solusi terbaik yang akan kita ambil.

8. Bertukar Pikiran
Ada kalanya ide atau pendapat kita harus dibagi dengan orang lain. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mendengar pendapat orang lain mengenai hal tersebut. Dengan begitu kita dapat memperoleh pengetahuan baru dan masukan baru yang dapat membuat ide kita menjadi lebih baik lagi.

9. Berpikir Luas
Orang sukses selalu bisa dan siap melihat apa peluang yang orang lain tidak bisa lihat atau perhatikan. Ia bisa menghubungkan satu variabel dengan variabel lainnya dan selalu bersiap akan semua kemungkinan peluang yang terjadi, sehingga ia siap ketika waktunya sudah tiba.

10. Strategis

Berpikir strategis dapat mempermudah melihat sesuatu yang tampak sulit, bersiap akan sesuatu yang tidak pasti, dan mengurangi kesalahan di masa depan. Hal tersebut terjadi karena pemimpin besar selalu punya perencanaan yang matang. Berpikir strategis akan membuat kita mudah bergerak dari satu tindakan ke tindakan lain karena kita sudah bisa membaca apa kemungkinan baik dan buruk yang bisa terjadi, dan apa-apa yang harus dipersiapkan jika kemungkinan buruk terjadi.

Itulah 10 kemampuan berpikir orang-orang sukses yang membuat mereka “lebih” daripada orang kebanyakan. Hal ini tentu tidak bergantung hanya kepada bakat saja, tapi juga didukung dengan passion, hasrat dan keinginan kuat untuk terus menggali ilmu serta pengalaman, berguru kepada orang yang lebih berpengalaman atau dari fenomena kehidupan yang terjadi di sekitarnya.
Bahagia dan menjalani akan apa yang telah menjadi keputusannya, tidak malu untuk mengakui kesalahan, dan berusaha menjadi yang lebih baik ke depannya.
Dari keseluruhan penjelasan kami di atas yang utama dan paling penting adalah Bersyukur dan Berdoa kepada Allah yang menguasai dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *